Selamat Datang Di Blog Pribadi Iskandar Daulima, S.H

My New Life

My New Life

Minggu, 24 April 2016

Inilah Tanda-Tanda Kematian Dalam Islam



" dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula)...." (al-An'aam: 59)

Semua yang terjadi di dunia ini tidak ada yang terjadi dengan kebetulan, semua sudah ada dalam kehendak Allah SWT, setidaknya itu yang saya imani sampai dengan saat ini.


Ketika akan turun hujan, biasanya langit akan memberitahukan kepada kita (manusia) melalui beberapa tanda, tanda yang dimaksudkan seperti, mendung, berangin, atau jika hujan deras yang akan segera turun maka tanda yang diberikan pasti disertai dengan kilat dan guntur yang menggelegar.


Hal yang sama juga terjadi pada manusia. Hal yang mustahil akan kematian suatu hamba dimuka bumi ini tanpa meninggalkan tanda-tanda. Atau bahasa kasarnya, alam saja bisa memberikan tanda apalagi kita mahluk Allah yang teramat sempurna dalam penciptaanya.


Sebagian kalangan percaya akan tanda-tanda yang akan diberikan kepada seseorang yang akan mengalami kematian, dan sebagian lain ada yang menggangap itu "kebetulan" namun sebagai orang yang diberikan pemikiran dan rasional oleh Allah SWT, saya sangat meyakini akan adanya tanda-tanda tersebut. Bahkan suatu musibah "bala" bagi mereka yang akan meninggal, dan tidak mengetahui tanda-tanda bahwa Ia akan segera meninggal.



kullu nafsin dzaiqatul maut...

كُلُّ نَفۡسٍ۬ ذَآٮِٕقَةُ ٱلۡمَوۡتِ‌ۖ ثُمَّ إِلَيۡنَا تُرۡجَعُونَ
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.
(QS. Al Ankabut : 57)


Allah SWT memberikan sebagian kelebihan kepada manusia untuk dapat berfikir dengan rasionalitasnya, bahwa yang terjadi di bumi ini, bahkan hal yang terkecil saja, pasti atas kehendak dari-NYA. Maka sudah menjadi tugas manusia untuk mencari tahu akan hal itu.


Berikut akan saya sajikan, beberapa tanda yang aka dialami oleh seseorang sebelum Sakaratul Maut  menjemputnya. Tulisan ini berdasarkan dari beberapa sumber, buku dan didengar langsung dari Ustad yang pernah saya dengarkan tausiahnya.




Dalam beberapa literatur tanda-tanda dari Al Maut adalah mulai dari 100 hari, 40, 7, 3 dan yang terakhir 1 hari.

100 Hari Sebelum Kematian
Tanda-tanda kematian ini muncul lazimnya setelah masuk waktu Asar, yaitu seluruh tubuh akan terasa menggigil dari ujung rambut sampai ujung kaki.
Tanda-tanda kematian ini akan terasa nikmat dirasakan, dan bagi orang yang tingkat keimanannya tinggi, langsung dapat menerima bahwa ini isyarat dari Allah tentang ajal sudah dekat. Tapi bagi yang tingkat keimanannya rendah, terkadang mereka bingung, dan bahkan ada yang tak sadar bahwa ini isyarat kematian dari Allah swt.
Untuk itu, marilah kita tingkatkan amal dan ibadah kita agar kita dapat menyadari tanda-tanda tersebut jika ajal kita sudah dekat.

40 Hari Sebelum Kematian
Tanda-tanda kematian ini juga muncul setelah masuk waktu asar, bagian pusat dari tubuh kita akan berdenyut. Itu pertanda bahwa daun yang tertulis nama kita dari pohon yang terletak di Arshy Allah swt. Telah gugur.
Lalu malaikat maut mengambil daun tersebut dan segera membuat persiapan, diantaranya mulai mengawasi kita setiap saat. Sesekali malaikat maut menampakkan dirinya kepada orang yang akan dicabut nyawanya dalam wujud manusia, dan seketika itu pula orang itu akan terasa terkejud dan bingung melihat malaikat maut.
Walaupun malaikat maut wujudnya hanya satu tapi atas izin Allah, Dia mampu mencabut nyawa seseorang dalam waktu yang bersamaan.

7 Hari Sebelum Kematian
Tanda ini muncul setelah masuk waktu asar, tanda-tanda kematian ini hanya diberikan Allah terhadap orang yang diuji Allah dengan Sakit, biasanya orang yang sedang sakit tak berselera makan, tiba-tiba ingin makan. Ini merupakan isyarat dari Allah bahwa kematian memang benar-benar sudah dekat
.
Versi lain yang pernah saya dengakan tausiah dari beberapa ustad dikatakan, bahwa pada fase ini orang yang akan meninggal akan selalu menyembunyikan muka "wajah" selalu memalingkan ke arah lain jika sedang berpapasan atau bertemu dengan orang lain.
Bahkan, pada orang sakit, tanda ini akan mudah kita kenali dengan cepat, yang semula si sakit biasa tidur menghadap ke arah pintu kamar, tiba-tiba ia akan lebih suka memalingkan wajahnya ke tembok, atau ke arah berlawanan yang tidak dapat orang lain meleihat wajahnya secara langsung.

3 Hari Sebelum Kematian
Pada suatu saat akan terasa denyutan di tengah dahi kita, yaitu antara dahi kanan dan dahi kiri. Jika tanda-tanda kematian ini dapat dirasakan maka sebaiknya berpuasalah kita setelah itu. Supaya perut kita tak mengandung banyak najis, dan ini akan memudahkan orang lain untuk memandikan jasad kita.
Setelah itu pula mata hitam kita tak bersinar lagi, dan bagi orang yg sakit, hidungnya perlahan akan masuk ke dalam. Ini dapat terlihat jelas kalau dilihat dari sisi tubuh kita. Telinga akan layu dan berangsur-angsur masuk ke dalam. Tapak kaki tegak berangsur-angsur lurus ke depan dan sukar untuk ditegakkan lagi. Dalam versi lain pada hari ketiga ini dikatakan, bahwa jika seseorang akan meninggal pada hari ketiga sebelumnya, maka saat dia bercermin, maka pantulan bayangan dirinya dicermin tidak akan terlihat, ada juga yang mengatakan akan terlihat tetapi samar-samar "buram" padahal kondisi mata kita saat itu sangat prima

Dalam hal makan, pada fase ini dikatakan bahwa tiba-tiba orang yang mengalami fase ini kehilangan daya rasanya terhadap semua jenis makanan, dia akan cenderung merasa hambar apa saja makanan yang dimakannya. Untuk orang yang beriman dan mengetahui dia sudah berada pada fase ini, tentu dia akan bersiap-siap dengan semua yang akan dihadapi. Namun bagimana bagi orang yang tidak mengetahuinya??

1 Hari Sebelum Kematian
Tanda-tanda kematian ini juga terjadi setelah waktu ashar, kita akan merasakan denyutan dibagian ubun ubun, ini menandakan kita sudah tak sempat lagi melihat waktu asar di keesokan harinya.

Tanda Terakhir
Kita akan merasakan sejuk dibagian pusar, kemudian menjalar ke pinggang hingga menyentuh tenggorokan.
Pada masa ini hendaknya kita sering beristigfar memohon ampun pada Allah, dan sering-sering membaca syahadat. Menata hati, memfokuskan fikiran kita hanya kepada satu arah yaitu Allah. Pikiran harus tetap tenang dan dipusatkan pada Sang Pencipta.

Setidaknya ini adalah Ilmu "Pegangan" kita sebagai manusia yang hidup di bumi ini. Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut diharapkan kita dapat segera perbanyak bertobat dan perbanyak amalan, sebab jika kita tidak mengetahui kita telah berada di fase mana, sangatlah merugi kita jika meninggal tanpa ada persiapan.

3 komentar:

Membuat Pupuk Organik dari Sampah Rumah Tangga mengatakan...

nice! jadi nambah ilmu

Unknown mengatakan...

Allahurobbi,tma ksh di atas perkongsian nya.. sangat menyentuh hati dan membayangkan bagaimana nanti diri ini..
Smoga kita smua beroleh pengakhiran yang husnul khotimah, di tutup l keaiban, dan diterima Nya segala amalan....

Nino Nurmadi , S.Kom mengatakan...

Al Qur'an Keutamaan Doa Abu Darda RA Syekh Abdul Qodir Jailani Rahmat Allah SWTMazhab Hanafi Shalat Tahajud Shalawat Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa SallamCara Wudhu Nabi Muhammad Saw